PEMANTAPAN CALON-CALON PENULIS AMBISI

           Pelatihan kepenulisan untuk kedua kalinya diadakan oleh Ambisi (Aliansi Mahasiswa Bidik Misi) IAIN Sunan Ampel Surabaya. Setting yang diambil pun masih sama, yaitu Hotel Tanjung Plaza Tretes Pasuruan. Acara yang dilaksanakan pada tanggal 15-16 Juni 2012 ini merupakan lanjutan dari pelatihan kepenulisan yang dilaksanakan di awal semester pertama sebagai bentuk aktualisasi pengembangan mahasiswa bidik misi.

                        Setelah 5 hari sebelumnya yakni 7-10 Juni 2012 Ambisi angkatan 2010 mengadakan kepelatihan interpreneurship sebagai pengembangan dan pemberian tambahan skill bagi mahasiswa bidikmisi agar berani dan mampu berwirausaha, kini Ambisi 2011 lebih kepada pengembangan kemampuan kepenulisan arek-arek Ambisi yang diharapkan akan mampu mengeksplorasikan potensi-potensi mahasiswa bidikmisi dalam berbagai macam tulisan terutama penulisan karya ilmiah dan ini juga merupakan rangsangan serta tindak lanjut bagi mahasiswa bidikmisi yang pernah mengadakan seminar Indonesia Menulis agar mahasiswa bidikmisi setelah ini mampu mengamalkan setiap materi dan teori yang telah di terima dengan karya tulisan-tulisan yang diharapkan akan muncul setelahnya.

                        Bukan saja karya ilmiah tetapi juga tulisan-tulisan lain seperti halnya opini, essay -yang juga di ajarkan pada pelatihan kali ini- cerpen, puisi atau apapun bentuk dari karya tulis mahasiswa bidikmisi. Ini seperti apa yang diharapkan Saudara Syamsul Arifin selaku ketua Ambisi 2011 saat menyampaikan harapanya seusai pelatihan, “Acara ini sebenarnya sangat bagus, tetapi saya harapkan acara ini tidak hanya berakhir disini saja, tetapi akan ada pendampingan dan kelanjutannya sekembali kita di kampus, ya mungkin bisa melalui pembuatan kelompok untuk membuat suatu penelitian yang didampingi dan dibina lebih lanjut oleh pihak kampus.”

                        Acara yang di adakan di Kota Pasuruan tepatnya Hotel Tanjung Tretes dan  dibuka langsung oleh Bapak Ikhwan Supriyono, S.Kom ini, selain mahasiswa Bidik Misi 2011, juga turut mendampingi Bapak Ikwan, Bu sulia dan pak Taufiq dari Kemahasiswaan, Drs. Agus Afandi, M.Fil I, Bapak A. Kemal Riza sebagai narasumber yang juga dosen di IAIN SA Surabaya juga ada salah satu dosen Pasca Sarjana IAIN yaitu Bapak Ahmad Zaini yang pula menjadi narasumber dan berbagi pengetahuan kepenulisan kepada mahasiswa bidikmisi.

                        Pada pelatihan kali ini, materi pelatihan dibagi menjadi 4 sesi, 2 pada jum’at malam dan 2 lagi pada esok hari. Jum’at malam pukul 19.30-21.00 sesi pertama dengan materi penentuan tema dan penyusunan karya tulis, 21.00-22.30 diisi materi penentuan referensi dan cara penulisan referensi. Sabtu 07.30-09.30 Bahasa dalam Karya Tulis Ilmiah, 09.00-11.00 penulisan essay.

                        Antusianme Ambisi sangat tinggi terhadap acara ini dan memiliki harapan tinggi agar acra kepenulisan ini tidak hanya berhenti dipelatihan ini tetapi benar-benar ada follow up kedepan sehingga setiap pelatihan yang dilakukan bukan hanya sebagai formalitas kegiatan pengembangan tetapi dilakukan dengan kesadaran dan tanggung jawab pendampingan kedepan agar mahasiswa bidikmisi dapat memenuhi bidikan misinya memberikan perubahan bagi bangsa dan negara nantinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: